Sabtu

Pentingnya Akreditasi Perguruan Tinggi

Akhir-Akhir ini mulai muncul trend para alumni Perguruan Tinggi mendatangi lembaga almamaternya. Ada yang sekedar bertemu dengan dosen-dosennya waktu kuliah atau melihat adi-adik kelasnya. Tapi ada kecenderungan baru yaitu untuk mencari tahu akreditasi dari Perguruan Tinggi mereka. Informasi ini amat diperlukan karena saat ini banyak perusahaan yang menampung para lulusan PT menjadikan akreditasi sebagai salah satu tolak ukur untuk melihat kualitas lulusan suatu PT. Maka munculah pertanyaan sebegitu pentingnyakah akreditasi itu? Bukankah kompetisi yang menjadi faktor utamanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak penjelsan dibawah ini.

Apa Akreditasi Itu?

Yang dimaksud akreditasi adalah salah satu bentuk sistem jaminan mutu eksternal, yaitu proses yang digunakan instansi atau lembaga tertentu yang memiliki kewenangan dalam memberikan pengakuan formal bahwa suatu lembaga mempunyai kemampuan untuk menjalankan kegiatan terntentu.
Dengan demikian, akreditasi akan melindungi masyarakat dari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Akreditasi harus dilakukan oleh pakar dari luar institudi terkait atau eksternal peer reviwer.

Siapa Yang Memiliki Hak Untuk Mengakreditasi?

BAN-PT adalah lembaga yang memiliki hak  atau kewenangan untuk melakuan akreditasi dengan cara mengevaluasi dan menilai.

Apa Tujuan Dan Manfaat Akreditasi

1. Memberikan jaminan bahwa program studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT dengan merujuk pada standar nasional pendidikan yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidakmemenuhi standar yang ditetapkan itu.

2. Mendorong program studi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi

3. Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain.

Mutu dari suatu Perguruan Tinggi maupu Prodi didalamnya dapat dijadikan sebagia cerminan dari seberapa baik dari keadaan dan karakteristik masukan, proses yang dilakukan, hasil keluaran,serta dampak yang dihasilkan oleh kinerja suatu Prodi yang diukur dengan standar tertentu.

Title: Pentingnya Akreditasi Perguruan Tinggi; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar