Sabtu

Tips Cara Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi yang baik

Bingung
Banyak siswa SMA atau SMK yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi, yaitu Perguruan Tinggi. Pada perguruan tinggi mahasiswa mendapat materi dan sifat pendidikan yang berbeda-beda sesuai dengan jurusannya. Jurusan yang memiliki karakter mirip akan digabung dalam suatu fakultas, akademi ataupu sekolah tinggi.

Untuk mmilih jurusan kuliah bukanlah persoalan yang mudah, banyak faktor yang harus diperhitungkan secara matang-matang agar tidak berakibat fatal seperti DO. Maka dari itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan anda harus pandai memilih jurusan, agar tidak kebingungan anda bisa membaca artikel dibawah ini.

Tips Cara Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan Cita=Cita, Minat, serta Bakat:

Pilihlah jurusan yang dapat membawa anda menuju profesi yang anda cita-citakan. Jangan memilih jurusan Matemtika jika anda ingin menjadi dokter.
Sesuaikan jurusan dengan minat an bakat yang anda miliki. Jika anda merasa tidak suka hitung-hitungan jangan ambil jurusan matematika. Kemudian lihatlah bakat yang ada pada diri anda. Jika anda mengembangkan bakat dengan minat yang anda sukai akan menjadikan jurusan yang anda ambil akan terasa menyenangkan.

2. Cari Informasi yang banyak

Carilah informasi mengenai jurusan untuk dijadikan pertimbangan bagi anda. Informasi dapat anda dapatkan dari siapa saja, internet, saudara, kakak kelas, teman, atau siapapun. Jangan terpengaruh oleh teman yang mengajak anda untuk masuk jurusan tertentu yang anda tidak merasa senang

3. Lokasi dan Biaya

Bagi mahasiswa dengan ekonomi kelas atas, hal ini tidak akan menjadi masalah. Semua biaya baik biaya studi, tempat tinggal ataupun yang lain dapat deselesaikan dengan mudah. Namun bagi mahasiswa golongan menengah ke bawah hal ini akan menjdi penting untuk diperhitungkan. Jika dana yang anda miliki terbatas maka pilihlah tempat kuliah dengan matang-matang. Lihat biaya hidup, biaya kuliah atu prospek mendapatkan beasiswa bagaiman. Selain itu carilah tempat kuliah dengan lingkungan yang dapat mencari pekerjaan parttime dengan mudah sebagai tambahan bekal hidup.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN atau PTS favorit. Jangan terlalu berobsesi untuk dapat masuk perguruan tinggi tertentu karena kuota terbtas. Jika anda gagal di perguruan tinggi anda akan merasa drop dan stress. Maka ada harus realistis untuk memilik PT sesuai dengan kemampuan anda.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

Lihatlah jurusan yang lulusannya memiliki prospek yang cerah. Jangan sampai anda setelah lulus anda kebingungan untuk mencari pekerjaan karena tidak ada lowongan yang sesuai dengan jurusan anda. Meski sekarang banyak perushaan yang memperkerjakan pegawai tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

itu tadi Tips Cara Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi yang baik semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mencari jurusan yang sesuai dengan anda. Coba anda lihat jursan berprospek di masa depan
Title: Tips Cara Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi yang baik ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar